Goro Badunsanak Kota Solok Tahun 2018 Resmi Dimulai

Goro Badunsanak Kota Solok Tahun 2018 Resmi Dimulai

Solok, (InfoPublikSolok) – Walikota Solok H. Zul Elfian, SH. M.Si secara resmi membuka kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV Goro Badunsanak Kota Solok Tahun 2018, bertempat di Balai Pemuda Galanggang Batuang, Kelurahan Nan Balimo, Kecamatan Tanjung Harapan, Jumat (27/7). Mengangkat tema ‘Sapikua Sajinjiang Mewujudkan Kota Beras Serambi Madinah’.

Turut Hadir pada kesempatan itu, Wakil Walikota Solok Reinier, ST. MM, Wakil Ketua DPRD Kota Solok H. Irman Yefri Adang, Ketua GOW Kota Solok, Ny. Elfia Reinier, Dirut Bank Nagari Cabang Solok, Banteng Dono Sariro, Anggota DPRD Kota Solok, Forkopimda, BUMD, Ketua LKAAM H. Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Milda Murniati, Tokoh Masyarakat, Kepala OPD, LPMK, Lurah, RT/RW serta mahasiswa KKN Tematik Unand di Kota Solok.

Ketua Panitia Pelaksana, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefrizal, S.Pt. MM melaporkan, tujuan BBGRM ini ialah menginformasikan dan memotivasi masyarakat untuk ikut berperan serta dan memulai gotong royong dengan semangat kekeluargaan. Juga dilaporkan untuk BBGRM tahun 2018 kegiatan fisik sebesar 70%, dan kegiatan non fisik sebesar 30%.

Ketua LKAAM H. Rusli Khatib Sulaiman mengatakan, Kota Solok tak akan mampu dibangun oleh Walikota Solok dan Wakil Walikota Solok tanpa ada bantuan dari seluruh elemen masyarakat. Tema BBGRM Sapikua Sajinjiang ini membuktikan bahwa Kota Solok mempunyai kebersamaan dan kekompakan.

“Mari kita bersatu dan kompak mewujudkan Kota Beras Serambi Madinah dengan sapikua sajinjiang, Goro badunsanak akan terlaksana dengan baik,” harapnya.

Sejalan dengan itu, Wako H. Zul Elfian mengaharapkan kepada para Lurah, RT/RW untuk melaksanakan kegiatan ini dengan baik, disertai juga dengan pengawasan yang baik.

“Kegiatan BBGRM ini harus selalu dikembangkan semangatnya. Mari kita bersama bertekad untuk memberikan yang terbaik untuk kota kita ini, Kota Beras Serambi Madinah,” ujar Wako.

Lebih jauh, Zul Elfian menyampaikan rasa terima kasih kepada DPRD Kota Solok yang sudah menaikkan dana stimulan untuk BBGRM lebih dari 100%.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Solok H. Irman Yefri Adang menyampaikan rasa terima kasih kepada pemertintah daerah yang telah menyiapkan kegiatan BBGRM ini dengan baik.

Seperti diketahui, setiap tahunnya dana yang diberikan untuk Goro Badunsanak nilainya selalu ditingkatkan. Mulai dari Rp.5 juta per tahun, dan saat ini sudah Rp.50 juta per tahun.

Lebih lanjut, Irman Yefri Adang mengatakan bahwa semangat Gotong Royong adalah semangat bersama. Untuk itu, kita inginkan partisipasi masyarakat dalam Goro Badunsanak ini.

“Bantuan masyarakat bisa dari uang, maupun dari tenaga. Jika nilai proyek Rp.50 juta, bagaimana bisa hasilnya menjadi Rp.75 juta atau Rp.100 juta. Itulah hakikatnya Goro Badunsanak ini,” ujarnya.

Irman Yefri Adang juga mengingatkan, dana BBGRM sekarang cukup besar, mari kita berhati-hati dalam pelaksanaan kegiatan, jangan sampai ada masalah dalam pelaksanaan BBGRM ini.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan piala dan hadiah kepada kelurahan pelaksana BBGRM tahun 2017 terbaik. Untuk Terbaik Satu diberikan kepada Kelurahan Nan Balimo, Terbaik Kedua Kelurahan Tanah Garam, Terbaik Ketiga Kelurahan Pasar Pandan Air Mati.

Pemko Solok memberikan bonus uang Rp.2 juta kepada kelurahan Terbaik Satu, Terbaik Dua Rp. 1,5 Juta dan Terbaik Tiga Rp. 1 Juta. Serta, tidak ketinggalan bonus dari Bank Nagari sebanyak yang sama dengan nominal yang diberikan oleh Pemko Solok. (dn)

Bagikan ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.