Piala Adipura Diarak Keliling Kota Solok

Piala Adipura Diarak Keliling Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Wakil Walikota Solok, Reinier bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok, Sukardi, beserta ratusan pasukan kuning Kota Solok menyambut kedatangan Piala Adipura di Kota Solok, bertempat di halaman Balaikota Solok, Selasa (15/1/2019).

Meski dibawah terik matahari, tak menyurutkan semangat Reinier beserta rombongan guna mengarak Piala Adipura yang telah Lima tahun tak singgah di Kota Beras Serambi Madinah itu.

Piala Adipura tersebut diarak dengan lokasi start di Balaikota Solok, melewati Kelurahan KTK – By Pass – Jalan Ahmad Dahlan – Pasar Raya Solok – Jalan Padang Rumput – Jalan Imam Bonjol Bandar Pandung – Tanah Garam dan kembali di Balaikota Solok.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok, Sukardi dalam laporannya sebelum arak-arakan mengatakan, penilaian Adipura berlangsung selama 10 bulan pada 2018 itu dilaksanakan di 29 lokasi di Kota Solok. Secara keseluruhan lokasi pemantauan tersebut mewakili 13 kriteria yang ada pada program Adipura. Lokasi-lokasi pemantauan untuk dinilai diantaranya Kawasan Perumahan, Pasar Tradisional, Perkantoran, Kawasan Pertokoan, Sekolah, Jalan dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Upaya yang kami lakukan untuk menjaga kebersihan masih jauh dari sempurna. Kami meminta seluruh stakeholder untuk membantu kami dalam menjaga kebersihan Kota Solok,” ujar Sukardi

Sementara itu, Wawako Reinier mengatakan, predikat kota bersih kembali bisa diraih Kota Solok berkat kerja keras dan keseriusan dari semua pihak. Tentu saja, yang paling utama berkat kerja keras pasukan kuning yang selalu menjaga kebersihan Kota Solok.

“Atas kerja keras pasukan kuning dalam membersihkan Kota Solok, Pemko Solok akan memberikan reward sebesar Rp500.000/orang,” sebutnya.

Reinier meminta kepada masyarakat dan pasukan kuning secara bersama-sama untuk terus menjaga kebersihan Kota Solok agar predikat kota bersih akan tetap dipertahankan untuk tahun-tahun berikutnya.

Seperti diketahui, Adipura merupakan sebuah penghargaan dari Pemerintah Indonesia (Kementerian Negara Lingkungan Hidup), yang diberikan kepada kabupaten atau kota yang dinilai berhasil dalam mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan secara berkelanjutan.

Senin (14/1/2019), Walikota Solok, Zul Elfian menerima langsung penghargaan tersebut dari Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dalam acara Penganugerahan Adipura dan Green Leadership Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Jakarta. (dn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.