Kota Solok Tertinggi di P1, Adipura di Depan Mata

Kota Solok Tertinggi di P1, Adipura di Depan Mata

Kota Solok Peringkat Tertinggi Penilaian Adipura 2017-2018
* Piala Adipura di Depan Mata

SOLOK – Kementerian Lingkungan Hidup mengumumkan hasil pemantauan tahap pertama (P1), penilaian Adipura 2018 untuk wilayah Sumbar. Di luar dugaan, Kota Solok menempati peringkat teratas dalam kategori kota kecil. Kota Beras Serambi Madinah meraih total nilai 75.85 poin, atau unggul dari Kabupaten Pesisir Selatan yang meraih nilai 75.23 poin. Sementara itu, untuk kategori Kota Sedang, Kota Bukittinggi menjadi yang terbaik dengan 74,91 poin, mengungguli Kota Payakumbuh dengan 74,08 poin.

Hasil pemantauan tahap pertama tersebut, diumumkan Walikota Solok Zul Elfian pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Taman Syech Kukut Kota Solok, Jumat (16/2). Turut hadir dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Solok Reinier Dt Intan Batuah, Dandim 0309 Solok Letkol (ARH) Priyo Iswahyudi, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, para Kepala OPD Pemko Solok, petugas kebersihan se-Kota Solok, personel Polres Solok Kota dan personel Kodim 0309 Solok.

“Usaha keras dan inovasi yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok untuk mewujudkan Kota Solok tanpa sampah, patut diapresiasi dan mendapatkan dukungan dari semua pihak. Inovasi yang dilakukan, mampu mendongkrak perekonomian keluarga dari sampah yang ada. Ini merupakan sebuah upaya yang layak dijadikan contoh oleh instansi lainnya,” ujar Zul Elfian.

Walikota Solok Zul Elfian saat meninjau pengelolaan sampah di Pasaraya Solok, Jumat (16/2).

Zul Elfian menyebutkan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengatasi masalah sampah di lingkungan tempat tinggalnya, bukanlah pekerjaan yang mudah. Menurutnya, hal itu harus dilakukan dengan strategi pendekatan yang menarik dan inovatif.

“Pendekatan seperti inilah yang telah dilakukan oleh DLH Kota Solok. Sehingga, saat ini berada pada posisi teratas,” ungkapnya.

Walikota Solok Zul Elfian, Dandim 0309 Solok Letkol (ARH) Priyo Iswahyudi, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan memimpin pengelolaan sampah di Pasaraya Solok, Jumat (16/2).

Lebih lanjut, Zul Eldian menyatakan dari hasil rekapitulasi nilai P1 Adipura 2017 – 2018 untuk Provinsi Sumbar, disampaikan Direktorat Jendral Pengelolaan sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Penilaian Adipura untuk Kota Solok memasuki tahap penilaian Pemantauan Kedua (P2). Dalam penilaian itu nantinya, poin penilaian dikaitkan dengan program tiga bulan bersih sampah.

“Karena kita sudah memasuki penilaian P2, kami mengajak seluruh warga Kota Solok dan seluruh elemen yang ada di masyarakat, untuk secara bersama-sama selalu membudayakan hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Walikota Solok Zul Elfian, Dandim 0309 Solok Letkol (ARH) Priyo Iswahyudi, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan memimpin pengelolaan sampah di Pasaraya Solok, Jumat (16/2).

Zul Elfian juga mengapresiasi Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan Dalam kesempatannya itu, walikota Solok juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Polres Solok Kota dan Forum Komunitas Wartawan Solok (F-Kuwas), yang sukses menyelenggarakan Aksi Bersih (Clean Action) pada Sabtu (10/2) lalu. Clean Action tersebut, berhasil menggerakkan masyarakat untuk membersihkan sampah di lingkungan masyarakat dan membawanya ke Mapolres Solok Kota.

“Terobosan yang dilakukan Datuk Pandeka Rajo Mudo (Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan), berhasil memgimbau dan mengajak masyarakat se-Kota Solok untuk membersihkan lingkungannya dari sampah. Lalu, sampah-sampah tersebut dibawa ke Mapolres Solok dan diganti dengan uang tunai. Ini luar biasa. Kota Solok tanpa sampah akan terwujudkan, apabila semua unsur masyarakat berkomitmen untuk tetap mempertahankan budaya hidup bersih dan sehat,” ungkapnya.

Walikota Solok Zul Elfian, Dandim 0309 Solok Letkol (ARH) Priyo Iswahyudi, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan saat menerima satu unit kontainer penampung sampah dari Bank Nagari Cabang Solok di Taman Syech Kukut Kota Solok, Jumat (16/2).

Setelah melaksnakan apel bersama dalam rangka memperingati HPSN 2018 itu, Bank Nagari Solok memberikan bantuan kepada DLH Kota Solok berupa satu unit kontainer penampung sampah. Kontainer itu diterima langsung oleh Walikota Solok Zul Elfian, didampingi oleh Wakil Walikota Solok Reinier Dt Intan Batuah, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, Dandim 0309 Solok Letkol (ARH) Priyo Iswahyudi, Asisten II Bidang Keara Jefrizal, Kepala DLH Kota Solok Sukardi, dan puluhan petugas kebersihan se-Kota Solok.

“Mudah-mudahan kepedulian dari Bank Nagari Cabang Solok ini, juga menjadi perangsang bagi lembaga-lembaga lain untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap kebersihan di Kota Solok,” harapnya. (rijal islamy)

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *