KENALKAN TAMAN RONGSOKAN, PESERTA JAMBORE NASIONAL KOTA SOLOK GELAR SAFETY CAMP DI TAMAN RONGSOKAN

Taman adalah area dalam sebuah lingkungan yang mempunyai ruang dalam berbagai kondisi, meliputi lokasi, ukuran, iklim, dan kondisi khusus lainnya, seperti fungsi dan tujuan lainnya.

Taman dapat digunakan untuk berbagai macam kepentingan manusia, mulai dari olahraga, bersantai, bermain, berkumpul dengan teman-teman, keluarga atau hanya sekadar menjadi sarana pelepas stres manusia.

Taman dapat juga diartikan sebagai sebuah area terbuka dengan luas tertentu, yang di dalamnya terdapat pepohonan, semak, dan rerumputan, serta dapat dikreasikan dengan beberapa elemen penghias lain, seperti air mancur atau lampu hias.

Namun lain halnya dengan Taman Rongsokan milik Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok yang brlokasi di Jl. Lingkar Utara seberang Taman Bidadari. Taman ini dipenuhi dengan barang-barang bekas yang sudah ditata sehingga nyaman untuk dikunjungi.

Menurut Keterangan Sub Koordinator bidang persamapaham Dahwirman, SE, M.Si “Taman ini kami dirikan bersama kawan-kawan mulai tahun 2018 dengan tujuan sebagai wadah kreatif anak rongsokan dan sebagai taman kreatif dan inovativ, dan kini seiring berjalannya waktu dari tahun ke tahun di bawah pimpinan Bapak H. Zulkifli, SP dan Bapak Agus Susanto, SH Sebagai Kepala Bidang taman rongsokan kini taman selalu berbenah”. Ucapnya (16/07/22)

Dahwirman juga menambahkan bahwa Taman rongsokan jugabertujuan untuk dijadikan sebagai taman edukasi dengan konsep taman rongsokan dan taman labirin yang bernuansa taman ramah anak dan sebagai edukasi daur ulang sampah organik“Sesuai saran dari beberapa pengunjung gerakan masyarakatkota solok, harapan kedepannya taman rongsokan bisa dijadikanwisata family” tambahnya. 

Untuk pertamakalinya taman rongsokan digunakan untuk kegiatan Safety Camp oleh peserta Jambore Nasional XI tahun 2022 Kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Solok, Safety Camp ini dilaksanakan mulai dari tanggal 15 hingga 17 Juli 2022.

Dahwirman juga menambahkan”saya berharap agar nantinyataman rongsokan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk acara – acara mendidik lainnya, sperti acara kemping ini kitafasilitasi dengan air, listrik dan lokasi yang nyaman” tambahnya.

Di dalam kesempatan itu Dahwirman juga mengajak peserta Jambore Nasional langsung berkunjung ke rumah kompos untuk melihat pengolahan samaph dan dipercaya memberikan sedikit materi Mengenai pemilahan dan pemanfaatan sampah organik yang dimanfaatkan untuk menanam secara tabulapot (tanaman buah dalam pot) serta budidaya Ulat maggout.

Salah seorang Pembina Paramuka Satria Arjuna mengucapkan terimakasih atas layanan dan fasilitas yang di berikan Dinas Lingkungan Hidup dalam memfasilitasi peserta Jambore. “Terimakasih banyak pak atas support dan fasilitas yang diberikan taman rongsokan kepada adek-adek calon peserta jambore nasional Kota Solok, semoga dibalas Allah dengan pahala yang berlipat, amiin” ucapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.