Hari Lingkungan Hidup, Pemko Solok Raih Penghargaan Adiwiyata dan Properda

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok Edrizal, SH, MM bersama Kepala Bidang Penegakan dan Perlindungan Hukum Lingkungan Agus Susanto, SH, Penyuluh Lingkungan Ahli Muda Nelly Amrianis, SP beserta staf Bidang PPLH dan didampingi oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kota Solok Sri Puji Astuti, M.Pd dan rombongan menerima undangan Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023.

Kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tanggal 15 Juni 2023 dan sebagai puncak rangkaian kegiatan dilaksanakan di Kecamatan Batipuah Kabupaten Tanah Datar pada hari Rabu, (21/06) kegiatan ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala DLH Provinsi Sumatera Barat, sambutan oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Sekda Tanah Datar dengan agenda diantaranya Upacara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, penyerahan penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi dan Penghargaan PROPER dan PROPERDA. 

Kota Solok melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok ikut serta dalam kegiatan ini dan meraih penghargaan Peringkat Biru PROPERDA untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M.Natsir Kota Solok dan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Permata Bunda Kota Solok. Serta Penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi diraih oleh SDN 13 Simpang Rumbio dan SDN 06 Tanah Garam Kota Solok.

Edrizal sangat mengapresiasi peserta yang telah berhasil meraih penghargaan pada kegiatan ini “Alhamdulillah dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 2 SD dianugerahi penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi. Tentunya penghargaan ini akan menjadi cemeti bagi sekolah lain untuk menerapkan prilaku ramah lingkungan. Sesuai dengan tema peringatan HLH Sedunia ini kami menghimbau masyarakat Kota Solok untuk mengurangi pemakaian plastik dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Agus Susanto juga berharap agar penghargaan ini dapat mendorong semua lapisan masyarakat untuk semakin peduli dengan sampah yang ada di sekitar. Mulai dari sampah rumah tangga hingga sampah yang ada di lingkungan sekitar, “Kepedulian itu untuk mengurangi sampah plastik yang semakin hari semakin banyak. Untuk mengurangi sampah plastik, pemerintah melakukan berbagi upaya dari hulu hingga hilir untuk mengatasi bahkan dapat mengurangi sampah plastik,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan “Saat ini pemerintah terus mengupayakan berbagai cara mengurangi sampah plastik yakni penggunaan kantong belanja selain bahan dasar plastik dan melalui program penjualan sampah plastik, Sesuai dengan tagline Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni yaitu “Solusi untuk Polusi Plastik” seperti di kota solok telah ada program “Nabung Sarok” yang bekerja sama dengan PT. Semen Padang, masyarakat bisa mengumpulkan sampah plastik untuk mendapatkan poin melalui program ” Nabung Sarok” tersebut.” (nindi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.