DLH Lakukan Pembinaan Calon Sekolah Adiwiyata di SDN 09 Tanah Garam

Bidang perlindungan dan Penegakan Hukum Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok memenuhi undangan dari SDN 09 Tanah Garam Kota Solok untuk melakukan pembinaan Calon Sekolah Adiwiyata, Kamis (15/6).

Sekolah Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Bidang PPHL, Agus Susanto, SH menuturkan tujuan dari program ini yaitu untuk membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan.

“Menanamkan nilai-nilai perilaku ramah lingkungan harus dimulai dari sejak dini agar nantinya setelah dewasa siswa mempunyai perilaku ramah lingkungan dalam aktivitas dan kegiatan sehari hari,” katanya saat menyampaikan sambutan.

Agus Susanto berharap agar sekolah bersih tidak hanya tujuan kepala sekolah namun menjadi tujuan semua warga sekolah.

Evanursanti, S.Pd selaku Kepala SDN 09 Tanah Garam menyambut baik kedatangan tim DLH Kota Solok karena telah bersedia memenuhi permintaan untuk melakukan pembinaan Calon Sekolah Adiwiyata.

Evanursanti menyebutkan, SDN 09 Tanah Garam telah menerapkan beberapa perilaku ramah lingkungan hidup sejak tahun lalu, namun terbatas waktu untuk menyelesaikan dokumen administrasi CSAK (Calon Sekolah Adiwiyata Kota).

“Kami telah menerapkan perilaku ramah lingkungan ini sejak tahun kemarin, seperti telah menggunakan galon isi ulang, penggunaan wadah plastik untuk tempat makan dan minum sebagai upaya mengurangi sampah plastik, namun terkendala karena kurangnya dokumentasi dan kelengkapan administrasi sebagai CSAK,” ungkapnya.

Sementara itu, Pejabat Fungsional Penyuluh Lingkungan Ahli Muda, DLH Kota Solok, Nelli Amrianis, SP menambahkan, Gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah (GPBLHS) merupakan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh Sekolah dalam menerapkan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) yang disinergikan ke dalam mata pelajaran, ekstra kurikuler dan pembiasaan diri baik dalam lingkungan Sekolah dan masyarakat sekitar sekolah.

Target dari gerakan PBLHS ini adalah mewujudkan prilaku warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup serta adanya peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.