Sosialisasi Teknis Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah

Dinas Lingkungan Hidup mengadakan Sosialisasi Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) dengan sasaran SD dan SMP se-Kota Solok yang telah mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata tingkat Kota, Provinsi, Nasional dan Mandiri sebelum tahun 2019.

Sosialiasi yang diselenggarakan di Aula Balitbang, Selasa (13/6) menghadirkan narasumber Dosen FMIPA UNP, Dr. Aulia Azhar, M.Si.

Terlibat di dalam kegiatan ini adalah Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok, Kepala Sekolah, Kepala DLH Kota Solok, Kepala Bidang, pejabat fungsional beserta staf Bidang Penegakan dan Perlindungan Hukum Lingkungan.

Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di sekolah yang selanjutnya disebut Gerakan PBLHS adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

Kepala Bidang PPLH Agus Susanto, menyampaikan materi evaluasi capaian penerapan gerakan PBLHS untuk perpanjangan Sekolah Adiwiyata. Ia menjelaskan, gerakan PBLHS adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Solok, Edrizal, mengatakan kegiatan ini diadakan guna menimbulkan kesadaran warga sekolah untuk mewujudkan perilaku upaya pelestarian lingkungan hidup, dan berdampak pada meningkatnya kualitas lingkungan hidup di sekolah.

Untuk mendorong terwujudnya Gerakan PBLHS ini, Edrizal meminta agar nantinya kegiatan ini disosialisasikan kepada siswa dan guru di sekolah agar dapat diimplementasikan pada sekolah masing-masing. Mengintegrasikan isu-isu terkait pengelolaan lingkungan hidup ke dalam kurikulum dan RPP sekolah, dengan melakukan praktik pembuatan lilin dari minyak jelantah atau minyak bekas.

Selain sosialisasi gerakan PBLHS, DLH juga melakukan pendampingan bagi Calon Sekolah Adiwiyata untuk memberikan masukan terkait hal-hal yang menjadi indikator penilaian pada Program Adiwiyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.